5 Prediksi Fitur Baru Twitter di Tahun 2013

Twitter

Seperti halnya FacebookTwitter terus dituntut melakukan inovasi dan inovasi di produk, layanan, serta fitur. Situs CNET News menulis 5 prediksi fitur baru Twitter di tahun 2013 nanti.

1. Tak terbatas

Twitter hanya mengizinkan pengguna mengakses tweet terkini atau terbaru di angka 3.200 kicauan. Dengan demikian kicauan lawas tak bisa mereka akses. Namun pengguna tetap bisa membacanya dengan mengunduh arsip Twitter yang ada.

Beberapa pengamat yakin di tahun 2013 nanti Twitter akan mengizinkan aksestweet yang tak terbatas. Twitter bisa jadi tak memberikan batasan tersebut. Pengguna bisa menelusuri tweet di masa lampau bersasarkan periode tertentu.

2. Pengembangan foto filter

‘Perang’ antara Twitter dan Instagram memang sudah usai. Dua kubu yang ternyata telah lama berseteru sebelum aplikasi pengolah foto tersebut diakuisisi Facebook, di penghujung tahun berakhir dengan gebrakan Twitter merilis fitur foto filter.

Fitur ini diyakini akan lebih kaya dan lebih futuristik. Jika Twitter hanya bertahan dengan filter yang ada – sebatas 8 foto filter – bisa dipastikan fiturnya tersebut akan tenggelam. Ingat aplikasi pengolah foto bukan Instagram seorang.

3. Lebih banyak iklan?

Mungkin fitur ini bakal dibenci oleh pengguna. Selama bertahun-tahun meski miliki basis pengguna yang terus dan terus bertambah, namun Twitter mengalami kesulitan dalam proses monetisasi.

Dengan demikian bisa saja tahun 2013 nanti Twitter akan lebih massif menggenjot iklan pada pengguna. Facebook dengan terang-terangan menampilkan iklan dinews feed. Bisa saja Twitter melakukan hal serupa di timeline.

4. Lebih ‘ramah’ ke pihak ketiga

Tahun ini Twitter telah membatasi hubungan dengan aplikasi pihak ketiga. Langkah tersebut diambil untuk mengurangi jumlah penggunaan aplikasi pengembang.

Banyak pengamat yang menilai di tahun 2013 Twitter akan lebih ‘ramah’ kedeveloper. Ingat dari aplikasi pengembang, fitur-fitur menarik justru bermunculan. Seharusnya Twitter tak membatasinya.

5. Akuisisi?

Tersiar kabar jika ada perusahaan besar yang berkeinginan berinvestasi atau mengakuisisi Twitter. Namun microblogging tersebut berujar untuk tetap menjadi perusahaan yang independen. Jika memang diakuisisi, bisa saja banyak fitur Twitter baru yang lahir atau justru berubah.

Apple dijabarkan tertarik melakukannya – investasi atau akuisisi. Ingat dengan Ping Apple yang gagal, mungkin saja mereka ingin mencoba peruntungan denganmicroblogging tersebut. Bisa dibayangkan jika Apple dan Twitter bergabung bagaimana luar biasanya nanti.